Indonesia-Turki Capai Kesepakatan Investasi Rp6,7 Triliun


Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke pertemuan G-20 di Hamburg, Jerman, menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Ankara, Turki. Dari kunjungan tersebut Jokowi menghasilkan sejumlah kesepakatan bilateral.

Kesepakatan itu adalah tercapainya komitmen investasi Turki sebesar US$520 juta atau setara Rp6,7 triliun (Kurs Rp13.000 per dolar AS). Terdiri dari US$320 juta untuk kapal pembangkit listrik, dan US$200 juta untuk industri penerbangan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Lembong, mengatakan untuk kapal pembangkit listrik kesepakatan ditandatangani oleh PT PAL dengan Karadeniz Holding, perusahaan Turki yang bergerak di bidang tersebut.

Sedangkan untuk Industri penerbangan, kesepakatan ditandatangani oleh PT Dirgantara Indonesia dengan Turkish Aerospace Industry.

“Kesepakatan yang dilakukan melingkupi pembuatan empat powership dengan kapasitas pembangkit listrik sebesar 36-80 Megawatt,” ujar Thomas dalam keterangan resminya, Jumat (7/7).

Menurut Thomas, kesepakatan untuk membuat powership sesuai dengan keinginan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah-daerah terpencil serta memenuhi target listrik 35 ribu MW.

Selain itu, kerja sama pembangunan kapal pembangkit listrik juga sangat potensial di tingkat regional. Seperti negara tetangga Filipina maupun Myanmar yang merupakan negara potensial sebagai konsumen.

Sementara kesepakatan antara PT Dirgantara Indonesia dengan Turkish Aerospace Industry meliputi tiga hal utama. Di antaranya kerja sama di bidang Marketing dan production Extention of N219, Joint Development and Production of N245, serta UAV–ANKA Marketing dan Production Extention terutama ekspansi pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Atas komitmen investasi ini, Thomas berharap realisasi investasi dari Turki semakin meningkat. Sebab, hingga kuartal I 2017 realisasi investasi Turki hanya sebesar US$0,1 juta dari sembilan proyek investasi, sehingga masih sangat rendah. [] 


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan