Genjot Investasi, Banten Permudah Perizinan melalui Online


Sistem perizinan secara online di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Banten rencananya hari ini akan dilaunching, Selasa (20/6) di kantor samsat Kota Serang, sekira pukul 15.00 WIB. Acara tersebut akan dihadiri Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim dan perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain launching PTSP Online, juga akan diluncurkan layanan samsat online.

Soft launching-nya hari ini,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wahyu Wardhana.

Dijelaskan Wahyu, PTSP online tersebut akan berupa aplikasi yang bisa diakses melalui perangkat smarthpone dengan mengunjungi situs SIPEKA di lamanhttp://dpmptsp.bantenprov.go.id/. Dengan seperti itu, proses perizinan akan bisa lebih mudah, cepat dan sederhana. Pemberlakuan layanan online tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus berbagai keperluannya di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Jika sebelumnya pemohon izin harus datang langsung ke kantor PTSP saat mengurusi izin, kini dengan sistem perizinan online dan pendelegasian kewenangan penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan ini, masyarakat tidak perlu repot atau bolak balik ke Dinas teknis (terkait) untuk melengkapi persyaratan perizinan yang dimohonkan. Tahun ini, hingga Agustus, sedianya 210jenis perizinan yang bisa menggunakan layanan ini.

Saat ini, Pemprov Banten telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan penggunaan server untuk menampung data-data tersebut. Dengan sistem online, proses perizinan-perizinan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Banten seperti izin investasi, pertambangan, trayek serta bentuk perizinan lainnya dapat transparan dan lebih mudah.

Pelaksanaan PTSP secara online di Banten merupakan bagian dari rencana aksi dalam Korsupgah di Banten. Sejak awal 2017, Pemrpov Banten telah melakukan evaluasi untuk mengejar berbagai ketertinggalan menuju sisitem online. Pihaknya saat ini sedang membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) perijinan tersebut, termasuk rekomendasi teknsi dari dinas-dinas sudah ditarik ke PTSP.[Adv]


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan