(0254) 8480010 | HELP DESK OSS BANTEN (081384827079)   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

KEIN Sebut UMKM Kunci Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

KEIN Sebut UMKM Kunci Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen
Sektor Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dinilai mampu menjadi tulang punggung ekonomi sehingga Indonesia terlepas dari jebakan pertumbuhan 5 persen. Nantinya, UMKM akan melengkapi komponen ekspor dan investasi yang selama ini diandalkan untuk memacu ekonomi. 

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta mengungkapkan sektor UMKM memiliki potensi yang besar. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, sebanyak 98,7 persen usaha di Indonesia merupakan usaha mikro. Dengan jumlah tersebut, UMKM mampu menyerap 89,17 persen tenaga kerja domestik. 

"UMKM juga berkontribusi sebanyak 36,82 persen terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia," ujarnya, Senin (27/5). 


Kendati demikian, lanjutnya, kontribusi UMKM masih sangat kecil dalam kegiatan ekspor dan investasi, sehingga ke depan masih memiliki potensi yang sangat besar.


Berdasarkan simulasi yang dilakukan KEIN, jika 10 persen saja dari UMKM yang ada mengalami kenaikan kelas, hal tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional tembus 7 persen. 

"Pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen dapat terwujud apabila UMKM diberdayakan," imbuhnya. 

Ia menambahkan pertumbuhan ekonomi tidak hanya bisa mengandalkan konsumsi. Pasalnya, pertumbuhan konsumsi Rumah Tangga (RT) sulit didorong lebih tinggi. Bahkan, lanjutnya, sejak tahun 2001 konsumsi rumah tangga tak pernah menyentuh posisi 6 persen. 

"Konsumsi rumah tangga sejak 2001 selalu di bawah 6 persen sulit didorong lebih tinggi lagi," katanya. []
Share :