(0254) 8480010   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

DPMPTSP Banten Lakukan Pemetaan Potensi Investasi

DPMPTSP Banten Lakukan Pemetaan Potensi Investasi

Dalam upaya meningkatkan minat investasi pada sektor-sektor unggulan di Provinsi Banten, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten menggelar kegiatan pemutakhiran data dan informasi penanman modal di Provinsi Banten dengan mengundang Dinas Penanaman Modal kabupaten/kota di Banten, Jumat (28/6). Pemutakhiran data dan informasi tersebut merupakan upaya menginventarisasi data potensi dan peluang investasi yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan promosi dalam meningkatkan realisasi investasi.

Kepala Bidang Data dan Sistem Informasi Penanaman Modal  DPMPTSP Provinsi Banten Deni Laksana Zein menjelaskan, pemutakhiran ini akan menjadi rujukan dalam memetakan potensi investasi di Banten yang mengacu pada potensi masing-masing daerah, seperti Kabupaten Pandeglang yang memiliki potensi wisata alam sebagai sektor unggulan investasi.

“Ini akan menjadi rujukan dalam menyusun Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM). Kita kan menghimpun dan memetakan peluang investasi apa saja yang ada di tiap-tiap daerah,” jelas Deni yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.  ak hanya itu, kegiatan ini juga upaya untuk meningkatkan kinerja dengan menanamkan budaya kerja dan bekerjasama dengan seluruh lembaga/instansi terkait khususnya pada pengembangan peta investasi daerah dan inventarisasi data potensi investasi di Banten. Seperti diketahui bersama, potensi yang di miliki Banten sangat melimpah baik berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia serta peluang berinvestasi masih sangat terbuka luas.

Pemutakhiran data dan informasi penanaman modal menyediakan data dan informasi melalui metode analisa yang terpadu, lengkap dan akurat, mengenai lokasi dan ketersediaan lahan, ketersediaan bahan baku,  sarana dan prasarana, peluang pasar  serta data lainnya yang relevan, dengan tujuannya untuk memberikan  kemudahan bagi publik khususnya calon investor dalam menentukan pilihan dari berbagai alternatif peluang investasi yang ada di suatu daerah dengan berbagai keunggulannya.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Rahmat Asri menyampaikan, arah kebijakan penanaman modal merupakan bagian kecil dari arah kebijakan ekonomi makro provinsi. Artinya masih banyak arah kebijakan urusan pilihan dan urusan wajib yang seharusnya menjadi komponen grand desain ekonomi makro Provinsi Banten pada tatanan visioner-jangka panjang-arah kebijakan.[Adv]

 

Share :