(0254) 8480010   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

DPMPTSP Banten Sosialisasikan Sistem OSS Versi 1.1

DPMPTSP Banten Sosialisasikan Sistem OSS Versi 1.1

Usai Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyelenggarakan sosialisasi atau public hearing perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) versi 1.1 pada 24 Juni-2 Juli 2019 lalu di Kantor BKPM, Banten menjadi wilayah pertama yang mendapatkan sosialiasai lanjutan untuk sistem OSS terbaru ini. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten Wahyu Wardhana menyambut baik pengenalan Sistem OSS versi 1.1 di Banten dalam rangka persiapan implementasi sistem perizinan tersebut yang akan dirilis ke publik Agustus 2019 mendatang.

“Ini penting dikenalkan kepada seluruh pihak yang menangani pelayanan perizinan sistem diantaranya DPMPTSP kabupaten/kota khususnya di Banten bahwa kita akan menggunakan Sistem OSS versi 1.1 terbaru kedepannya yang menjadi terobosan pemerintah pusat,” katanya pada kegiatan Sosialisasi Sistem OSS versi 1.1 di Auditorium DPMPTSP Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (15/7). 

Dijelaskan Wahyu, sistem terbaru tersebut merupakan pengembangan sistem dalam rangka percepatan dalam kemudahan berusaha serta perizinan investasi yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.

“Pelaksanaan kewenangan penerbitan perizinan berusaha tentunya wajib dilakukan melalui lembaga OSS yang sudah ditetapkan,” ujarnya. 

Adapun beberapa fitur baru dalam sistem OSS versi 1.1 antaralain adalah Izin Usaha Merger, Izin kantor Perwakilan KPPA, Izin Lokasi Perairan, Pencabutan Non Likuidasi, Izin Kantor Cabang dan LKPM. Desain sistem OSS versi 1.1 lebih mudah digunakan (user friendly) karena sudah mengakomodir kepentingan pelaku usaha sehingga dapat menjelaskan kegiatan utama dan kegiatan penunjang, isian data untuk perusahaan non-PT (seperti CV, Firma, Koperasi, Yayasan, dan lain-lain), juga sudah terdapat penjelasan mengenai jenis pelaku usaha.

Sistem OSS memuat berbagai aturan/proses bisnis penerbitan perizinan berusaha, komitmen perizinan berusaha, dan izin operasional/komersial, menerbitkan perizinan untuk perseorangan dan non perseorangan dari skala UMKM maupun skala besar, memuat berbagai ketentuan peraturan perundangan yang terkait dengan perizinan berusaha.[]
Share :