(0254) 8480010   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

Dorong Perkembangan Investasi, Data Daerah Diperbaharui

Dorong Perkembangan Investasi, Data Daerah Diperbaharui
Sebagai upaya dalam mendorong perkembangan investasi di Banten, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten kembali memperbaharui data daerah. Hal ini dilakukan guna mengevaluasi pertumbuhan investasi yang sudah tercatat dalam pengumpulan data yang dilakukan oleh DPMPTSP di kabupaten/kota.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten mengatakan, ketersediaan data yang valid harus terus diperbaharui agar dapat mempermudah terkait iklim investasi yang sedang dilakukan.

“Data perizinan menjadi salah satu tolak ukur dalam menentukan pertumbuhan investasi secara berkala dan menjadi tanggung jawab kita terutama dari sisi pelaporan data yang sudah masuk,” ujarnya pada kegiatan Rapat Pengumpulan Data Pelaporan Realisasi Perizinan dan Non Perizinan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten Semester 1 Tahun 2019 Pasca PP 24 Tahun 2018 di Aula DPMPTSP Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Rabu (17/7).

Ia menjelaskan, keberadaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ikut berkontribusi dalam tata kelola perekonomian daerah secara konseptual dan diharapkan dapat melayani customer dengan baik. “Pengumpulan data selain sebagai bahan evaluasi di DPMPTSP, data tersebut juga dijadikan sebagai salah satu data pembangunan daerah di Banten,” jelas Wahyu. 

Dikatakan Wahyu, kegiatan gejolak investasi di Banten masih terbilang tinggi sehingga ini menjadi tantangan bagi DPMPTSP untuk meningkatkan kompetensi dan layanan prima kepada pemohon izin agar iklim investasi di Banten kondusif. 

“Target investasi Banten  Tahun 2019 adalah 75,44 Triliun dengan capaian di TW 1 sudah mencapai 12,51 Triliun dengan 1291 proyek. Melalui sistem OSS kita akan komitmen dan bangun kesepahaman di DPMPTSP kabupaten/kota pasca PP 24 Tahun 2018 ini,” ujarnya. 

Sementara itu, Kasubdit Fasilitasi Pelayanan Umum Ditjen Bina Adwil Kemendagri Yudia Ramli menyebutkan, pengumpulan data merupakan bentuk laporan yang akan diserahkan kepada pemerintah pusat dengan layanan yang sudah tersedia secara cepat dan efektif. 

“Sebut saja layanan OSS yang dapat terintegrasi dengan portal layanan publik terintegrasi siCantik Cloud akan dimudahkan dengan akses layanan terkini. ppKalau PTSP terintegrasi dengan OSS itu dikatakan baik dan hal ttersebut sudah dan sedang dilakukan oleh pemerintah,” katanya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut narasumber dari Kepala Bidang Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan DPMPTSP Kabupaten Tangerang Beni Rahmat, Analis Sistem Informasi BKPM RI Budi Hirawan dan peserta SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dan DPMPTSP kabupaten/kota di Banten. []
Share :