(0254) 8480010   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

Kondisi Ekonomi Indonesia Stabil di Kuartal I-2019

Kondisi Ekonomi Indonesia Stabil di Kuartal I-2019

Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kondisi ekonomi dalam negeri sepanjang Kuartal I-2019 dalam kondisi normal dan berjalan baik.

Hal ini merupakan hasil rapat koordinasi yang dilakukan oleh seluruh anggota KSSK yang terdiri dari Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

"Rapat berkala pada triwulan kedua ini melakukan pemantauan perkembangan di sektor perekonomian secara keseluruhan baik dalam negeri maupun global. Kita dari KSSK menyampaikan hasil pemantauan dari sektor stabilitas. Stabilitas sistem keuangan triwulan I-2019 terjaga dengan baik," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Sri Mulyani menambahkan, beberapa kondisi yang menjadi pertimbangan KSSK sendiri adalah kondisi perekonomian global. IMF sendiri mengkoreksi pertumbuhan ekonomi dunia.

"Pada saat spring meeting dibahas jika perekonomian global menunjukan tanda-tanda pelemahan," jelasnya.

Selain itu, KSSK juga mengamati kebijakan Amerika Serikat (AS) baik secara moneter maupun perang dagang dengan China. Perang Dagang AS dan China sendiri sudah terjadi sejak tahun lalu.

"KSSK menilai potensi perekonomian global mengalami pelemahan dan penurunan perdagangan dunia," ucapnya.

Meskipun begitu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut jika ekonomi Indonesia masih berada di kondisi yang stabil. KSSK akan terus mengawasi segala komponen yang dapat memengaruhi ekonomi dalam negeri.

"Merespon hal tersebut keinginan kita untuk terus memacu menjaga pertumbuhan ekonomi KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan moneter, fiskal, makro prudential dan mikro simpanan. Ini untuk menjaga stabilitas ekonomi dan terus menopang pertumbuhan ekonomi kita," jelasnya

Share :