KONSULTASI : OSS (08116774642), SIPEKA (081325778089), WHATSAPP PENGADUAN (082110997721)   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

Tarik Investor, Banten Siapkan Layanan Infrastruktur

Tarik Investor, Banten Siapkan Layanan Infrastruktur

Banten itu ‘seksi’ dan  selalu menjadi pilihan menarik bagi para investor dari berbagai mancanegara. Sebabnya, wilayah paling Barat Pulau Jawa ini juga memiliki keunggulan di sektor lainnya, sebut saja pariwisata, jasa, perdagangan, dan properti. Kekayaan potensi tersebut mengundang investor dari berbagai mancanegara, seperti Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, dan lain-lain.

Keterbukaan berinvestasi di Banten dibuktikan dengan tren inevstasi yang terus naik selama 5 tahun terakhir ini. Bahkan nilai realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) selalu menempati urutan lima besar dalam percaturan investasi nasional. Investasi Banten periode 2015-2019 sudah menunjukan peningkatan yang sangat signifikan dengan pencapain target yang ditetapkan.

Secara makro investasi di Provinsi Banten menjadi beberapa kluster dengan fokus yang berbeda-beda. Wilayah Kota Serang, Cilegon, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang difokuskan untuk pengembangan sektor jasa perdagangan, domestik, serta ekspor-impor. Wilayah ini juga akan dikembangkan sebagai kawasan industri jasa properti untuk usaha atau bisnis maupun pemukiman.

Adapun Kabupaten Tangerang, Serang, Kota Serang, dan Cilegon ditujukan untuk industri hulu sampai hilir, seperti logam dasar dan kimia. Sedang wilayah Banten Selatan yang meliputi Kabupaten Pandeglang dan Lebak difokuskan untuk pengembangan sektor primer, yakni perkebunan, pengolahan hasil sektor pertanian, perikanan darat dan laut, industri tambang, dan pariwisata.

Pencapaian tersebut tak dinyana membuat Banten semakin dilirik oleh beberapa negara sahabat, salah satunya Asosiasi Pengusaha Kota Nanchang, Tiongkok yang terdiri dari 140 perusahaan mengkaji kemungkin melakukan ekspansi Banten dan siap untuk berinvestasi di banten, mereka berencana untuk membangun industri pengolahan minyak bumi, teknologi tinggi hingga pelabuhan dengan kebutuhan lahan mencapai 4.000 hektare.

Menyadari sebagai tujuan investasi dunia, Banten terus berbenah. Layanan infrastruktur sebagai penunjang dan katalisator bagi kegiatan investasi terus diperbaiki Infrastruktur merupakan layanan utama yang menjadi kunci keberhasilan kegiatan penanaman modal.

Tanpa didukung oleh infrastruktur yang memadai, meski memiliki segudang potensi, tak bernilai jual. Kami terus memberikan yang terbaik
Share :