WA OSS (08138 48270 79), PENGADUAN (08776 77777 07)   |    dpmptsp@bantenprov.go.id, dpmptsbantenpengaduan@gmail.com

ExxonMobil Ingin Jadi Pemain Tiga Besar, Usai Caplok Federal Oil di Indonesia

ExxonMobil Ingin Jadi Pemain Tiga Besar, Usai Caplok Federal Oil di Indonesia

Di pasar domestik, ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) menargetkan jadi pemain tiga besar. Untuk mendukung perkembangan bisnis, mereka mencaplok PT Federal Karyatama (PT FKT) pada 2018. Perusahaan pun membuka babak baru dengan memegang hak dagang serta pemasaran pelumas merek Federal Oil di Indonesia. Tujuannya tak lain, agar sendi bisnis kian licin, pundi-pundi pemasukan tambah banyak.


Usai akuisi, PT FKT kini fokus memproduksi pelumas-pelumas merek Mobil™ dan Federal Oil. Pabriknya berkapasitas 700 ribu barrels saban tahun di kawasan industri Cilegon, Banten. Mereka yakin berbekal pengalaman 30 tahun, produknya sesuai dengan sasaran pasar. Apalagi, proses produksi pelumas diklaim mengantongi kualitas berstandar internasional.

“Kami terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru ini. Tujuannya agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia. Upaya integrasi jaringan yang kami lakukan sejak 2018 berjalan sesuai rencana. Dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya. Serta sejumlah aktivitas operasional lain dalam mendistribusikan produk kami ke pasar. Kedepan kami berharap dapat terus memperluas area. Juga, memperkuat jaringan pemasaran produk kami. Sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan pangsa pasar dan pencapaian perusahaan,” terang Patrick Adhiatmadja, Head of Indonesia Lubricants ExxonMobil Market Indonesia secara virtual (9/9).

Nah, khusus pelumas merek Mobil™, saat ini masih dilakukan pemindahan produksi secara bertahap. Dari yang sebelumnya dilakukan di pabrik ExxonMobil berlokasi di Jurong, Singapura. Kini ke Cilegon. Hal itu


“Pandemi ini tidak menghalangi kami untuk tetap terhubung dengan konsumen di Indonesia. Kami terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran. Caranya dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan sangat positif. Kami berharap dan tetap optimis pemulihan ekonomi global dapat segera normal kembali, khususnya di sini,” pungkas Pablo Conrad, Marketing Director PT EMLI.

Selama 2020, mereka dihadapkan tantangan pandemi Covid-19. EMLI menilai tetap melihat peluang baru dan tren konsumen yang muncul selama pandemi. Ragam inovasi program disuguhkan Mobil™ dan Federal Oil bagi pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua di sini. Seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas secara digital. Semua dilakukan sesuai protokol kesehatan guna menjaga keselamatan dan keamanan berbagai pihak terkait.

Guna mendukung banyak bisnis B2C dan B2B di Indonesia. ExxonMobil tidak hanya menyasar konsumen roda dua maupun roda empat. Tapi juga industri penting untuk pembangunan industri. Amsal sektor transportasi, manufaktur, pertambangan dan energi. PT EMLI mengaku telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Tanah Air dengan merek Federal Oil. Sedikitnya lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor. Dalam memperkuat strategi, perusahaan berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan. Kini lebih berfokus pada area-area potensial meliputi wilayah di Jawa, Bali dan Sumatera.

ditandai dengan seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto™ pada Februari 2020 di Banten.



Share :