KONSULTASI : OSS (08116774642), SIPEKA (081325778089), WHATSAPP PENGADUAN (082110997721)   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

5 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan dan Bebas Cemas

5 Cara Investasi Emas yang Menguntungkan dan Bebas Cemas
Cara investasi emas kini semakin beragam seiring perkembangan teknologi digital.Tak hanya cara konvensional, investasi emas pun kini bisa dilakukan secara online.
Sejak dulu, emas selalu menjadi pilihan investasi yang dinilai menguntungkan dan tak lekang oleh zaman.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, Anda kini bisa berinvestasi emas meskipun tak memiliki bentuk fisiknya.
Semakin banyak platform bahkan e-commerce yang menawarkan investasi emas.
Namun sebaiknya Anda berhati-hati agar tidak terjerat investasi emas bodong. Berikut 5 cara investasi emas yang aman dan menguntungkan, baik konvensional maupun digital:
1. Membeli Perhiasan Emas Investasi perhiasan emas merupakan cara klasik yang sudah dikenal dari zaman dulu. Sebagian besar orang zaman dulu menyimpan perhiasan emas dalam jangka panjang dam melepasnya saat harga sedang tinggi. Cara investasi perhiasan emas yang menguntungkan adalah:
- Beli perhiasan emas tanpa hiasan (batu permata, dll)
- Kemurnian emasnya mencapai 23 atau 24 karat
- Dilengkapi surat keterangan mengenai detail perhiasan emas yang dibeli Pasalnya, emas yang telah dihias dengan batu permata umumnya akan jatuh harga saat dijual karena yang dihitung hanya logam emasnya saja.
Kekurangan dari investasi perhiasan emas adalah penjualannya sulit dilakukan jika tanpa dilengkapi bukti surat.

2. Membeli Emas Batangan atau Logam Mulia Membeli emas batangan atau logam mulia menjadi cara investasi emas yang cukup populer sampai saat ini.
Pasalnya, emas batangan atau logam mulia tersebut dijual langsung oleh produsen emas dengan disertai sertifikat, sehingga mutu dan nilainya pasti terjamin. Emas batangan atau logam mulai yang paling populer di Indonesia adalah emas batangan Antam dan UBS.
Ketika Anda membeli emas yang diproksi Antam dan UBS, Anda akan memperoleh sertifikat yang menjamin keaslian dan ukuran emasnya. Cara investasi emas batangan atau logam mulia yang menguntungkan, yaitu:
- Beli emas batangan atau logam mulia yang diproduksi perusahaan emas terpercaya, seperti Antam dan UBS
- Beli di toko emas atau agen terpercaya (contoh: Pegadaian) - Beli dalam ukuran atau gram terkecil karena mudah untuk dijual
- Beli saat harga sedang turun
- Dilengkapi sertifikat Jika Anda membutuhkan dana mendadak, emas batangan atau logam mulia ini dapat dengan mudah dijual di toko-toko emas, atau Pegadaian, selama masih dilengkapi dengan sertifikat.

3. Menabung Emas di Bank Menabung di bank tidak hanya dalam bentuk menabung uang tapi juga menabung emas. Beberapa bank menyediakan layanan khusus menabung emas dan akan memberikan layanan terpisah bagi nasabah yang menabung emas. Ini cara untuk menabung emas di bank yang menguntungkan:
- Tentukan tujuan untuk menambung emas (misalnya naik haji, kuliah anak, travelling ke eropa, dll) - Memilih bank yang dipercaya dan cukup lama menyediakan layanan ini (Contohnya BNI dan BRI yang menyediakan tabungan emas Antam)
- Perhatikan syarat dan ketentuan serta tawaran lain yang diberikan bank - Rutin memantau perkembangan nilai emas
- Sesekali cek brankas emas Anda di bank Keuntungan menabung emas di bank adalah saat ini mencairkannya dalam bentuki uang prosesnya sangat mudah karena bank tersebut yang akan menampung emas yang dijual.

4. Investasi Emas Melalui Aplikasi Resmi Seiring dengan perkembangan teknologi digital, semakin banyak platform atau aplikasi yang menawarkan investasi emas. Namun Anda sebaiknya berhati-hati memilih aplikasi yang menawarkan investasi emas, agar tidak terjebak investasi bodong.
Anda yang tertarik memiliki investasi emas tanpa bentuk fisiknya, perlu memilih platform atau aplikasi resmi yang terpercaya, agar Anda pun bebas dari rasa was-was karena keamanannya terjamin. Ada dua platform investasi emas resmi dan terpercaya di Indoendsia, yakni Antam Logam Mulia atau Pegadaian. Cara berinvestasi emas melalui aplikasi yang aman, yaitu:
- Download aplikasi investasi emas terpercaya
- Isi formulir permohonan investasi atau menabung emas
- Simpan dokumen verifikasi - Beli emas saat harganya turun
- jual saat harganya naik 5. Investasi emas melalui e-Commerce Kini investasi emas pun ditawarkan oleh beberapa e-commerce terkemuka, seperti Tokopedia dan Shopee. Sama seperti platform produsen atau agen resmi, investasi melalui e-commerce pun memberikan kemudahan karena lebih efisien dan tidak membuang banyak waktu dan tenaga. Hanya dengan bermodalkan smartphone, Anda dengan mudah dapat emndaftar untuk berinvestasi emas di e-commerce. Bahkan untuk membeli dan menjual emas pun lebih mudah.
Cara investasi emas melalui e-commerce :
- Pilih e-commerce yang terpecaya (contoh Tokopedia Emas dan Tabungan Emas Shopee)
- isi dokumen yang diperlukan
- rahasiakan password e-commerce dan lakukan perubahan secara berkala
- update perkembangan investasi emas Anda dengan memantau harga emas
- simpan laporan investasi emas Anda setiap bulan Jenis investasi emas online ini memudahkan Anda untuk bisa menjual beli emas kapan dan dimana saja Anda berada. Jadi tunggu apalagi, silakan pilih cara investasi emas yang aman dan menguntungkan bagi Anda.

Share :