Dukung Industri Berikat, Bea Cukai Banten Beri Izin Fasilitas Bagi PT Joowon Tech Indonesia

Sumber Gambar :

Bea Cukai Provinsi Banten memberikan izin fasilitas Gudang Berikat, bagi PT. Joowon Tech Indonesia, sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan dan ekonomi industri berikat di wilayahnya.

Memimpin rapat, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Provinsi Banten, Rahmat Subagio menyatakan bahwa, pemberian izin fasilitas Gudang Berikat, pihaknya perlu menggelar rapat dalam rangka pemaparan oleh pihak penerima fasilitas, yakni perusahaan berikat.

Rapat tersebut, berlangsung di ruang rapat lantai 2 Kanwil Bea Cukai Banten, secara luring pada Rabu 26 Juni 2024 lalu.

PT. Joowon Tech Indonesia mengajukan perizinan untuk Gudang yang berlokasi pada Kawasan Industri di wilayah Cikupa, Kabupaten Tangerang. Berdasarkan lokasi tersebut, PT. Joowon Tech Indonesia akan berada di bawah pengawasan Bea Cukai Tangerang.

 

Fasilitas Gudang Berikat adalah tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor, dapat disertai 1 (satu) atau lebih kegiatan berupa pengemasan/pengemasan kembali, penyortiran, penggabungan (kitting), pengepakan, penyetelan, pemotongan, atas barang-barang tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Perusahaan dengan fasilitas Gudang Berikat, akan mendapatkan fasilitas penangguhan bea masuk, pembebasan cukai dan tanpa pungutan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI).

Pemaparan PT Joowon Tech Indonesia

Sesuai aturan yang berlaku, dalam pengajuan perizinan perusahaan harus melewati proses pemaparan terlebih dahulu.

PT. Joowon Tech Indonesia telah melalui pemeriksaan lapangan, dan penelitian atas kelengkapan persyaratannya oleh Bea Cukai Tangerang.

“Ini semua bertujuan supaya Bea Cukai benar-benar yakin bahwa pemberian fasilitas tersebut tepat sasaran,” ujar Rahmat Subagio.

 

Kanwil Bea Cukai Banten mempunyai janji layanan untuk penerbitan perizinan perusahaan, di mana penentuan hasil rapat pemaparan, maksimal satu jam setelah pemaparan selesai.

Pemaparan merupakan kegiatan di mana perusahaan akan menjelaskan tentang Company Profile, Sistem Pengendalian Internal, Nature of Bussiness, Sistem IT Iventory dan CCTV serta kewajiban perpajakan.

“Dengan penerbitan izin Gudang Berikat kepada PT. Joowon Tech Indonesia, kami berharap agar PT. Joowon Bugel Logistik dapat memanfaatkan fasilitas semaksimal mungkin,” ucap Rahmat.

Sehingga, dapat membantu perputaran roda ekonomi Indonesia. Tentunya pemanfaatan ini harus tetap memperhatikan keselarasan dengan aturan yang berlaku,” lanjut Rahmat.

Kanwil Bea Cukai Banten akan tetap melakukan evaluasi dan monitoring atas pemberian fasilitas. Tujuannya supaya fasilitas tersebut tepat sasaran dan tidak ada penyalahgunaan.


Share this Post