Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani

Sumber Gambar :

Nama Rosan Perkasa Roeslani sudah malang melintang dalam dunia bisnis dan finansial di Indonesia. Lulusan bidang bisnis dan finansial dari Universitas Oklahoma, Amerika Serikat ini mendirikan beragam bisnis yang membuatnya tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Pada awal kariernya, Rosan bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani mendirikan PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) pada 1997. Perjalanan profesionalnya di bidang keuangan dan kewirausahaan terus melesat hingga menduduki beberapa posisi penting, di antaranya Presiden Komisaris dan Komisaris Independen PT Bumi Resources Tbk, serta pendiri dan Presiden Direktur PT Recapital Advisors.

Karier politiknya dimulai saat Rosan menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf pada Pilpres 2019. Ia kemudian bergabung dalam pemerintahan setelah didapuk sebagai duta besar di Amerika Serikat pada 25 Oktober 2021. Belum sampai dua tahun menjadi Dubes, Rosan ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN pada 17 Juli 2023, dan menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (persero) pada 27 Juli 2023.

Dua bulan menjalang akhir masa pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM baru di Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024). Rosan mengisi posisi Menteri Investasi menggantikan Bahlil Lahadalia yang digeser jabatannya menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

KOMPAS/HENDRA AGUS SETYAWAN

Para calon menteri (kiri ke kanan) Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM menggantikan posisi Arifin Tasrif, Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly, Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM menggantikan Bahlil Lahadalia, serta Angga Raka Prabowo senagai Wakil Menteri Kominfo bersiap dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Anak dokter

Rosan Perkasa Roeslani lahir di Jakarta pada 31 Desember 1968. Rosan merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara anak dari pasangan Dr. HJ. Roeslan Sapeni, SpTHT-KL dan Siti Hasanah. Rosan dikenal sangat dekat dengan ayahnya. Sang ayah adalah seorang dokter spesialis THT. Kini kedua orang tuanya sudah meninggal dunia. Ayahnya meninggal pada 9 November 2021 lalu.

Rosan menyelesaikan pendidikan tinggi di Oklahoma State University, Amerika Serikat hingga meraih gelar BA di bidang Administrasi Bisnis pada 1993. Kemudian, ia melanjutkan studi program magister di Antwerpen European University, Belgia hingga meraih gelar MBA denga predikat cumlaude pada 1996.

Rosan menikah dengan gadis Bali bernama Anak Agung Ayu Manik Mulyaheni, dan mereka dikaruniai tiga orang anak, yaitu Raisya Saraswati Roeslani, Razan Satrya Roeslani, dan Ranisya Savitri Roeslani.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani memberi sambutan dalam Forum Bisnis Indonesia-Arab Saudi di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (2/3/2017). Dalam forum tersebut juga diadakan nota kesepahaman kedua negara terkait kerja sama di bidang pembangunan perumahan dan infrastruktur di Arab Saudi, investasi layanan kesehatan, peningkatan turisme, umrah, dan haji.

Artikel Terkait

30 October 2021

Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra)

Partai Gerindra merupakan partai politik yang meningkat signifikan perolehan suaranya sejak pertama kali mengikuti Pemilu...

4 Januari 2023

Menuju Pemilu Serentak Nasional 2024

Tahun 2023 Indonesia kembali akan memasuki tahun politik. Pada Februari 2024, Indonesia akan menggelar Pemilihan Presiden-Wakil Pesiden dan Pemilu...

Karier

Perkenalan Rosan dengan dunia bisnis dimulai ketika ia bekerja paruh di sebuah perusahaan dealer mobil di Oklahoma AS saat masih kuliah. Ia belajar berjualan, menghubungkan klien dengan pelanggan, dan bagaimana cara menjalankan bisnis.

Rosan mengawali karier di dunia usaha pada 1997 saat mendirikan PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani. Finance Indonesia merupakan perusahaan jasa penasihat keuangan atau financial advisors. Kiprahnya di dunia profesional bidang keuangan dan kewirausahaan membuatnya dipercaya menduduki beberapa posisi penting, salah satunya sebagai Penasihat Keuangan Asosiasi Kopersi Batik Indonesia (1997–2002).

Tahun 2002 Finance Indonesia berganti nama menjadi Recapital yang pada tahun-tahun berikutnya berkembang menjadi perusahaan besar dan terkemuka. Rosan menduduki jabatan Presiden Komisaris di Komite Investasi Recapital Asset Management pada 2002–2003.

Selanjutnya, Rosan memegang jabatan Kepala Pemantauan Kreditur Capitalic Finance Tbk selama tiga tahun, sejak 2003 hingga 2005, dan Komisaris Kaltim Prima Coal pada 2003–2007. Posisi penting lainnya yang pernah dipegangnya, yakni Presiden Komisaris PT Bank Tabungan Pensiun Indonesia Tbk (Bank BTPN) pada 2005–2007, juga Dewan Penasihat PT Lupita Amanda, serta Komisaris Lativi Mediakarya atau TV One.

Rosan juga aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ia dipercaya sebagai Bendahara Umum HIPMI periode 2005–2008. Pengalamannya dalam dunia bisnis dan keuangan akhirnya menempatkan dirinya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Perbankan dan Finansial Kadin Indonesia periode 2010–2015.

Ia kemudian mendirikan PT Palapa Nusantara Berdikari, perusahaan yang dibangun untuk membantu pembiayaan UKM-UKM potensial di Indonesia melalui permodalan. Selanjutnya, Rosan berhasil menjadi orang nomor satu di Kadin Indonesia ketika ia terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015–2021. Selain itu, ia juga menjabat Ketua Satuan Tugas Cipta Kerja Omnibus Law. Pada Pilpres 2019, Rosan bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, dan menjabat sebagai Wakil Ketua TKN.

Aktivitas Rosan lainnya, yakni sebagai Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) periode 2019–2021. Dirinya juga dipercaya menjabat Wakil Ketua Satgas Komite Penanganan COVID-19, dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) tahun 2020–2021. Ia juga menjadi Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia.

Di luar dunia usaha, Rosan juga aktif di dunia olah raga. Tahun 2021 Rosan dipercaya menjadi Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020. Ia juga menjabat Ketua Persatuan Angkat Besi Indoneis (PABSI) sejak 2015. Di sisi lain, Rosan bersama Erick Thohir dikenal pula sebagai orang Indonesia yang pernah mengakuisisi klub sepak bola dunia, Inter Milan.

Kepiawaiannya dalam dunia bisnis membuat Rosan didapuk sebagai Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia  periode 2005–2008. Bahkan, ia pernah menjadi Ketua Komite Investasi Recapital Asset Manajemen dan pernah menjadi presiden komisaris dan komisaris independen pada PT Bumi Resources Tbk, tetapi ia mundur dari jabatan tersebut saat ditunjuk sebagai duta besar AS pada Oktober 2021.

Sebelum didapuk sebagai duta besar, Rosan dipercaya memegang beberapa posisi penting dalam ekonomi, yaitu Komite Respon dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC-PEN (2020–2021) dan Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia (MES). Ia juga memegang jabatan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) tahun 2015–2021 dan menjadi Ketua Badan Penasihat Arbitrasi Nasional (BANI) 2019–2021.

Belum sampai dua tahun menjabat Dubes, pada 17 Juli 2023, ia dipercaya menjadi Wakil Menteri BUMN. Rosan dilantik sebagai Wamen BUMN berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 23 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019–2024. Ia menggantikan Pahala Mansury yang bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Selanjutnya, pada 27 Juli 2023 Rosan ditunjuk sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina. Penunjukan Rosan berdasarkan Salinan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Persero PT Pertamina nomor SK-211/MBU/07/2023 tanggal 15 Juli 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Jelang Pilpres 2024, pada 25 Oktober 2023, Koalisi Indonesia Maju yang mengusung calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjuk Rosan Roeslani sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Konsekuensi dari penunjukan dirinya sebagai Ketua TKN tersebut Rosan mengundurkan diri dari jabatan Wakil Menteri BUMN, demikian pula jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

PRI

“Kami ingin membawa aspirasi tidak hanya dari kalangan partai politik, tapi juga dari seluruh unsur relawan masyarakat, akademisi, dan juga dari segala macam penganut, ulama, semua profesional. Karena kita ingin mendapatkan aspirasi dari semua secara lengkap,” kata Rosan Roeslani (29 Oktober 2023).

 

Penghargaan

Sejumlah penghargaan diterima Rosan Roeslani terkait kontribusinya di bidang ekonomi, bisnis, dan olahraga. Ketika menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan menerima penghargaan Henry G. Bennett Distinguished Fellow Award pada 7 Oktober 2022 di Wes Watkins-Oklahoma State University. Penghargaan itu dianugerahkan berkat dedikasinya dalam bidang pendidikan, pelayanan publik, diplomasi dan komitmen dalam perdamaian global.

Rosan menerima penghargaan bintang jasa dari Pemerintah Belgia, yaitu Commander in the Order of Leopold II pada 2017. Penghargaan sebagai Panglima tersebut merupakan pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam lebih memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Di bidang olahrga, pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38, Rosan meraih penghargaan atas jasa dan kontribusinya dalam memajukan olahraga di Indonesia. Ia dinilai sukses sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PB PABBSI), dan menjadi Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Rosan sebagai salah satu orang terkaya Indonesia versi Forbes pada tahun 2009 dengan harga kekayaan mencapai Rp 6,7 triliun.

Ketua Tim Kampanye Nasional

Wakil Menteri BUMN II Rosan Roeslani terpilih sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju yang mengusung calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Alasan memilih Rosan Roeslani sebagai Ketua TKN menurut Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, yaitu Rosan dianggap sebagai orang yang netral dan memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa dan negara.

TKN berugas memenangkan pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. Ketua Umum Rosan Roeslani dibantu oleh Ketua Koordinator Strategis Sufmi Dasco Ahmad, Sekretaris Nusron Wahid, dan Bendahara umum Thomas A.M. Djiwandono.

TKN Koalisi Indonesia Maju didukung oleh pengurus yang jumlah keseluruhannya mencapai 274 orang. Para pengurus ini di luar dari para petinggi dan pengurus partai politik dari Koalisi Indonesia Maju. Ada pula dari purnawirawan TNI/Polri, kelompok pengusaha, teknokrat, akademisi dan sejumlah pejabat publik, baik yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju maupun di luar kabinet.

Nama-nama Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju yang masuk dalam daftar, yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Ketua Pengahar; Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai Pengarah; Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor sebagai Wakil Ketua Koordinator Strategis; dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Wakil Ketua Koordinator Strategis.

Di luar kabinet, antara lain, ada Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Jenderal TNI Purn. Wiranto dan Anggota Watimpres Habib Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya, yang keduanya bertugas sebagai Pembina.

BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Roeslani menyampaikan keterangan pers terkait kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Washington DC, AS, pada Kamis malam, 12 Mei 2022 waktu setempat atau Jumat pagi, 13 Mei 2022 waktu Indonesia.


Share this Post