Wah! Jokowi Mau Rayu Bos Burj Khalifa Investasi di IKN

Sumber Gambar :

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hanya menemui Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan di Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA). Namun ia juga bakal menemui pengusaha asal Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi untuk berinvestasi di IKN.

Salah satunya adalah pengusaha properti asal Dubai dan Pemilik Emaar Properties yakni Mohammed Ali Rashed Alabbar. Emaar Properties merupakan pendiri gedung tertinggi di dunia yakni Burj Khalifa.

Jokowi mengatakan nantinya ada beberapa penandatanganan Memorandum of Understanding, secara Business to Business yang akan disaksikan oleh kedua pemerintah. Termasuk di dalamnya adalah komitmen investasi dari Emaar Properties.

"Termasuk di dalamnya (Emaar Properties)," kata Jokowi saat ditanya di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan dirinya juga akan bertolak ke Abu Dhabi bersama Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengajak Emar Properties berinvestasi ke IKN.

Jika negosiasi berjalan lancar, Basuki mengatakan Emaar Properties bisa menjadi investor luar negeri pertama di IKN. Dikabarkan nantinya akan menggarap kawasan financial center di IKN.

Meskipun demikian, Basuki menjelaskan bahwa OIKN masih belum mengetahui berapa jumlah investasi yang bakal digelontorkan oleh Emaar Properties. Letter of Intent (LoI) untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN juga belum diteken Emaar Properties.

Oleh sebab itu, Basuki mengatakan kunjungan Erick Thohir bersama Jokowi dilakukan untuk menandatangani langsung LoI dari Emaar Properties.

"(LoI sudah diteken pak?) Belum, belum. (Nilai investasi juga) Belum, makanya kesana pak Erick itu, meneken itu," kata Basuki, mengutip Detikcom, Jumat (12/7/2024).


Share this Post