(0254) 8480010   |    dpmptsp@bantenprov.go.id

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Dinas

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas pokok membantu Gubernur melalui koordinasi Sekretaris Daerah dalam menyelenggarakan perumusan, penetapan, pengoordinasian dan pengendalian pelaksanaan tugas serta program dan kegiatan berdasarkan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan pada Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD, Bidang Data dan Sistem Informasi Penanaman Modal, Bidang Pengendalian Penanaman Modal, serta Bidang Pelayanan

Kepala Dinas mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  1. Merumuskan program kerja di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu berdasarkan rencana strategis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Mengoordinasikan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sesuai dengan program yang telah ditetapkan dan kebijakan pimpinan agar target kerja tercapai sesuai rencana;
  3. Membina bawahan di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan cara mengadakan rapat/pertemuan dan bimbingan secara berkala agar diperoleh kinerja yang diharapkan;
  4. Mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sesuai dengan tugas, tanggung jawab, permasalahan dan hambatan serta ketentuan yang berlaku untuk ketepatan dan kelancaran pelaksanaan tugas; 
  5. Merumuskan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengendalikan dan mengevaluasi penyusunan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Merumuskan dan mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu;
  7. Merumuskan penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan secara Terpadu Satu Pintu; 
  8. Menetapkan pemberian fasilitas/insentif di bidang penanaman modal yang menjadi kewenangan daerah;
  9. Menerbitkan Keputusan tentang perizinan dan non  perizinan;
  10. Membuat Peta Potensi investasi Provinsi;
  11. Menyelenggarakan promosi penanaman modal yang menjadi kewenangan daerah;
  12. Mengendalikan pelaksanaan penanaman modal yang menjadi kewenangan daerah provinsi;
  13. Mengelola data dan informasi perizinan dan non perizinan penamaman modal  yang terintegrasi pada tingkat daerah provinsi;
  14. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan cara membandingkan rencana dengan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan rencana yang akan datang;
  15. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai akuntabilitas kinerja; dan
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis

Sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam melaksanakan perumusan rencana program dan kegiatan, mengoordinasikan, monitoring, urusan administrasi umum dan kepegawaian, keuangan dan aset, serta perencanaan evaluasi pelaporan.


Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris 

Sekretaris mempunyai rincian tugas sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana operasional di lingkungan Sekretariat berdasarkan program kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. mendistribusikan tugas kepada bawahan di lingkungan Sekretariat sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;
  3. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan Sekretariat sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sekretariat secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;
  5. merencanakan bahan rumusan kebijakan, pedoman, standardisasi, pelayanan administrasi umum dan kepegawaian, keuangan, serta evaluasi dan pelaporan;
  6. menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan administrasi umum dan kepegawaian, keuangan serta evaluasi dan pelaporan;
  7. merencanakan bahan rumusan rancangan kebijakan teknis penyelenggaraan kearsipan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang, kehumasan, kepustakaan dan efisiensi tatalaksana Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  8. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sekretariat dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;
  9. menyusun laporan pelaksanaan tugas Sekretariat sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja; dan
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Tugas Pokok dan Fungsi Kabid Promosi dan Pembinaan BUMD

Kepala Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD mempunyai rincian tugas sebagai berikut:

  1. menyusun rencana operasional di lingkungan Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD berdasarkan program kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. mendistribusikan tugas kepada bawahan di lingkungan Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;
  3. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;
  5. merencanakan pelaksanaan koordinasi dan merumuskan kebijakan promosi pembinaan BUMD;
  6. merencanakan pengoordinasian pelaksanaan program dan rencana kerja bidang;
  7. merencanakan bahan materi dan media promosi penanaman modal;
  8. merencanakan pelaksanaan koordinasi kegiatan promosi dan pembinaan BUMD;
  9. merencanakan pelaksanaan pembinaan kepada BUMD;
  10. merencanakan pelaksanaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan penyederhanaan dalam pelaksanaan tugas;
  11. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;
  12. menyusun laporan pelaksanaan tugas Bidang Promosi dan Pembinaan BUMD sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja; dan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Bidang Data



Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Bidang Pengendalian



Share :