Menikmati Wisata Edukasi Penangkaran Penyu di Pantai Mutiara Carita Pandeglang

Sumber Gambar :

Pantai Mutiara Carita Cottages di Pandeglang, Banten, bukan hanya destinasi wisata yang menyuguhkan view indah bernuansa pemandanangan alam laut dan rekreasi alami.

Pantai yang indah tersebut, ternyata menyimpan tempat wisata edukasi yang bermanfaat untuk anak-anak maupun wisatawan, yakni penangkaran hewan reptil penyu.

Sales Manager Carita Cottages, Uding mengatakan, di penangkaran Pantai Mutiara Carita Cottages ini terdapat 15 ekor penyu sebagai upaya untuk sarana edukasi kepada wisatawan atau anak-anak.

“Kita punya lima belas ekor penyu yang berukuran besar, sementara ukuran kecilnya ada tujuh ekor, karena sebagian sudah kita lepas ke laut,” ungkapnya, Kamis 18 Juli 2024.

Ia menyebutkan, adanya penangkaran penyu ini tujuannya untuk edukasi. Memperkenalkan kepada anak-anak yang berkunjung ke Mutiara Carita.

“Intinya kami ingin menjadi sebuah nilai tambah buat pariwisata dan buat masyarakat, khususnya anak-anak kecil agar mereka mengetahui tentang reptil penyu tersebut,” katanya.

Dikatakannya, penyu-penyu yang berada di penangkaran ini berkembang biak secara alami. Kemudian ketika sudah besar diambil dan sebagian penyu itu dikembalikan ke habitat alamnya.

“Usia penyu di sini ada yang 20 dan usia 30 tahun, kalau usia yang dilepaskan ke laut usia di bawah 1 tahun,” katanya.

Ia menambahkan, dengan hadirnya penangkaran penyu yang ada di Pantai Mutiara Carita Pandeglang berbeda dengan di tempat lain.

“Justru kami memperkenalkan kepada tamu-tamu bahwa barang kali inilah nilai tambah yang ada di Pantai Mutiara Carita yang tidak ada di tempat lain,” tambahnya.

Sementara itu, Ikbal, wisatawan yang berkunjung mengatakn, dirinya menikmati waktu liburan bersama keluarganya ke Pantai Mutiara Carita Cottages Pandeglang. Ia mengaku baru pertama kali memegang penyu di penangkaran tersebut.

“Saya dari Bogor lagi liburan, baru pertama ini megang penyu ke sini, enggak takut. Ya bisa tahu belajar tentang hewan penyu kalau di sini banyak hewan reptil jenis penyu,” pungkasnya.


Share this Post